Tradisi Malam Tirakatan Desa Bongkot - 16 Agustus 2019

Setiap tahunnya, Indonesia mengadakan peringatan kemerdekaan di bulan Agustus. Pada tanggal 17 Agustus, Desa Bongkot secara serentak melaksanakan upacara bendera untuk memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Malam sebelumnya, yaitu tanggal 16 Agustus, ada tradisi di tengah-tengah masyarakat yang masih dilaksanakan hingga kini. Masyarakat menyebut itu sebagai " Malam tirakatan "
Bongkot Purworejo

Masyarakat mulai dari anak kecil hingga orang tua berkumpul di balai desa sambil membawa makanan masing-masing. Para ibu bertugas untuk menyiapkan konsumsi. Tirakatan bukanlah acara yang formal. Tirakatan dimaknai sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia sehingga saat ini masyarakat dapat berkumpul secara aman dan makan bersama dengan tenang tanpa ada gangguan dari penjajah. Tirakatan terasa sakral dengan kehadiran tumpeng yang diberi bendera merah putih berukuran kecil diatasnya.

Bongkot Purworejo

Karang Taruna Asri


Acara di mulai dengan Tahlilan terlebih dahulu untuk mendoakan roh para pejuangan yang telah mengorbankan segalanya untuk negri ini, demi berjuang untuk merdeka

Bongkot Purworejo

Para tokoh masyarakat diberi tempat paling depan. Mereka ditunjuk oleh warga sekitar untuk membuka acara dan memberikan sambutan tentang refleksi peringatan hari kemerderaan RI.


Acara tirakatan diisi dengan acara yang menghibur seperti pembagian hadiah lomba

Karang Taruna Asri


Karang Taruna Asri


Pembacaan puisi

Karang Taruna Asri

Karang Taruna Asri

 Menyanyikan lagu wajib Nasional

Karang Taruna Asri


Karang Taruna Asri

Pentas seni Ndolalak anak dan ibu

Bongkot Purworejo

Karang Taruna Asri

Serta penampilan slide show untuk penutup acara
link youtube kami karang taruna ASRI


Setalah itu, Mbah Kyai memimpin renungan

Bongkot Purworejo

yang dilanjutkan dengan doa untuk keberlangsungan bangsa agar selalu dilindungi Allah SWT, menjadi lebih baik, aman, dan sejahtera.

Bongkot Purworejo
Seluruh acara tidak akan berjalan dengan bbaik tanpa kerja sama deri seluruh pihak dan kedua pembawa acara malam hari ini 

Karang Taruna Asri

Karena dilaksanakan setiap tahun, tirakatan telah menjadi tradisi di masyarakat khususnya Desa Bongkot. Tujuannya juga positif, yaitu untuk terus bersyukur terhadap kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia dan juga mempererat kekeluargaan di tengah masyarakat.

Karang Taruna Asri




Karang Taruna Purworejo


Karang Taruna Purworejo


Reporter : Agung Prasetyo
Penulis : Kiki Ariyanto
Editor : Penjahit Photo

2 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.